14 Mei 2022

Sebutkan Kalimat Paling Menyakitkan yang Pernah Kalian Terima!

Salah satu orang yang paling dekat dengan saya pernah berkata, "Jangan ngerasa jadi orang yang paling menderita di dunia, yang kamu alami belum seberapa", saat saya sedang ditimpa musibah.

Foto: @photosbyilayza © Unsplash

Sampai detik ini, kalimat tersebut adalah kalimat paling menyakitkan yang pernah saya dengar seumur hidup saya. Untungnya, saya telah berhasil untuk hidup tanpa dibayang-bayangi kalimat itu lagi.

Banyak orang yang belum menyadari sepenuhnya bahwa perkataan itu memiliki power yang tidak terduga besarnya. Seperti 2 mata pisau, ia bisa menimbukan kebaikan dan keburukan bagi penerimanya.

Efek dari kalimat-kalimat negatif yang kita terima bisa sangat merugikan, apalagi jika sampai ke dalam tahap verbal bullying. Tanpa kita sadari, kita jadi meyakini perkataan tersebut. Seperti sebuah kebenaran hakiki, alam bawah sadar kita "mengamini" setiap label dan kata negatif yang dialamatkan pada kita.

Memang bukan pengalaman yang menyenangkan, untuk harus menguat sendiri disaat sekeliling kita justru melemahkan. Saya harap teman-teman Warga Ngumpar menyadari bahwa semua kalimat negatif yang dilontarkan orang lain pada kita, adalah refleksi dan proyeksi penilaian mereka atas diri mereka sendiri. Bukan tentang kita kok, mereka sedang bicara tentang diri mereka sendiri. Words don't define you. You define you.

Yuk, sebut dan ceritakan kalimat paling menyakitkan yang pernah teman-teman dengar melalui kolom komentar!

Bagaimana cara kalian meresponnya?

11
Komentar