23 Juni 2022

Predator terkuat di laut

Jangan terkecoh dengan penampilan paus item-putih yang disebut "orca" atau "tilikum" ini. Orca memang banyak dijadikan sebagai hewan penghibur dalam pertunjukan-pertunjukan sirkus dunia.

Foto: Unsplash

Meski dianggap lucu dan dijadikan hewan penghibur sirkus, orca sejatinya adalah spesies paus 'pembunuh'. Tampilannya yang terlihat gak mengancam, pasti bikin kita gak nyangka bahwa orca ini ternyata jauh lebih berbahaya daripada paus biru atau hiu putih (great white shark). Bahkan, orca juga menduduki peringkat puncak alias tertinggi dalam rantai makanan di laut. Artinya, gak ada predator lain yang bisa memangsanya. Yes, the real mvp, man...

Salah satu orca show yang paling populer ada di Orlando, Florida. Di sana, orca dilatih untuk menampilkan pertunjukan kelas internasional dengan kecerdasannya. Orca pun dianggap sudah jinak dan terbiasa menghibur penontonnya dari dalam penangkaran. Sayangnya, sifat asli orca yang buas ternyata tidak bisa benar-benar dihilangkan. Pada tahun 2010, dalam pertunjukkan Sea World yang cukup megah, seekor orca menyerang trainer yang sudah melatihnya selama lebih dari 10 tahun. Trainer wanita yang sangat berpengalaman ini bernama Dawn Branhceau. Di tengah pertunjukkan, seekor orca yang dilatihnya tiba-tiba menyerang, menyeret rambutnya, memakan tangannya, dan menenggelamkannya sampai Dawn ditemukan tewas dalam kondisi shock dan patah tulang di banyak bagian tubuhnya.

RIP Dawn Branchea!

5
Komentar