13 Mei 2022

Kilas Balik Tragedi Tol Brexit 2016: Masih Ingat?

Di Libur Lebaran tahun 2016, bertepatan dengan peresmian jalan Tol Brexit, kemacetan terpanjang dan terburuk dalam sejarah Indonesia terjadi.

Jalan Tol Trans Jawa hingga Brebes Timur tersebut telah diresmikan dengan "promosi" besar-besaran, bahwa waktu tempuh Jakarta-Brebes hanyalah 4 jam perjalanan saja. Klaim tersebut ternyata berdampak sangat signifikan. Jumlah kendaraan yang notabene pemudik Lebaran di tahun itu sangat membeludak dan menimbulkan kemacetan di sepanjang jalan sampai pintu Tol Brexit.

Berdasarkan data, kemacetan terparah ini bahkan sampai membuat ekor kemacetan lebih dari 30 km dan terjadi selama lebih dari 30 jam. Lebih parahnya lagi, untuk sekadar jarak tempuh 100 meter saja, dibutuhkan waktu berjam-jam lamanya.

Singkatnya, mobil para pemudik di waktu bulan puasa mendekati Lebaran 2016 itu benar-benar stuck! Tidak bisa bergerak maju dan jelas tidak mungkin putar balik.

Foto: © Kumparan

Dilansir dari BNPB, tragedi tersebut menelan 17 korban jiwa, dengan 7 diantaranya meninggal karena kelelahan setelah diguyur hujan dan dijemur selama lebih dari 30 jam.

Saking memilukannya tragedi ini, Ignatius Jonan yang kala itu menjabat sebagai Menteri Perhubungan, langsung dicopot dari jabatannya.

Adakah Warga Ngumpar yang berada di titik lokasi saat kejadian ini terjadi?

17
Komentar